Selasa, 02 Maret 2010

Optimalisasi fungsi keluarga

NAMA : GIA JUNIAN PUTRANTO
NPM : 17108319
KELAS : 1 KA 26

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR


Optimalisasi fungsi keluarga
Masalah kependudukan dewasa ini semakin mendapat perhatian dari pemerintah dan segenap lapisan masyarakat, secara perlahan-lahan tetapi pasti telah terjadi erosi terhadap fungsi keluarga, maka dari itu pemerintah menegaskan bahwa kebijakan kependudukan diarahkan pada peningkatan kualitas penduduk bukan kuantitasnya, hal ini disebabkan karena makin sedikitnya waktu bagi orangtua untuk anak dan keluarga, meningkatnya angka perceraian dan sikap keluarga yang tidak peduli terhadap kebutuhan tumbuh kembang anak-anak mereka, seharusnya lingkungan keluarga merupakan suatu tempat di mana anak berinteraksi dengan orang terdekatnya yaitu orangtua atau keluarga yang hidup di bawah satu atap dan saling berhubungan sehingga semua dapat menjalankan peran, fungsi dan tugasnya
Dengan rasa tanggungjawab, saling menghormati atau menghargai, penuh kasih sayang dan tidak bersikap egois (maunya menang sendiri). Komunikasi dalam keluarga harus dilakukan secara hangat, harmonis dan kontinu. Komunikasi sangat penting terutama pada keluarga yang bekerja diluar kota/daerah sehingga tidak dapat berkumpul setiap hari dengan anggota keluarga. Hal ini sangat penting untuk menghindari miskomunikasi dan rasa saling curiga. Pemenuhan kebutuhan psikologis akan membuat anak mekanisme koping yang positif dan mampu mengatasi masalah secara adaptif.
Dalam pembangunan keluarga sejahtera, upaya-upaya kearah optimalisasi pelaksanaan fungsi keluarga memiliki kedudukan yang sangat strategis. Karena pembangunan keluarga sejahtera itu sendiri sebenarnya merupakan serangkaian upaya untuk menumbuhkembangkan fungsi-fungsi keluarga yang terdiri dari 8 macam yaitu :
1. fungsi keagamaan,
2. fungsi sosial budaya,
3. fungsi cinta kasih,
4. fungsi perlindungan,
5. fungsi reproduksi,
6. dan fungsi pelestarian lingkungan.
Dengan demikian, pembangunan keluarga sejahtera tidak akan pernah terlepas dari upaya berbagai pihak untuk menghidupkan serta mengembangkan fungsi fungsi keluarga ini.Optimalisasi fungsi keluarga, disadari atau tidak merupakan upaya yang sangat strategis dalam membangun keluarga sejahtera dan menciptakan SDM yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar