Selasa, 02 Maret 2010

PELAPISAN SOSIAL

NAMA : GIA JUNIAN PUTRANTO
NPM : 17108319
KELAS : 1 KA 26
TULISAN ILMU SOSIAL DASAR


PELAPISAN SOSIAL

Pelapisan sosial terjadi dikarenakan suatu masyarakat yang terdiri dari individu – individu yang berbeda latar belakang. Dengan latar belakang yang berbeda tentu akan membentuk suatu masyarakat yang terdiri dari kelompok – kelompok sosial.

Pelapisan sosial sering diterjemahkan menjadi pelapisan masyarakat.Pelapisan masyarakat berarti terdapat berpedaan status yang terdapat didalam sistem sosial.Perpedaan penduduk dan masyarakat ke dalam kelas – kelas yang tersusun secara bertingkat.
Di dalam sistem sosial masyarakat kuno pun pelapisan masyarakat itu sudah ada.Kita lihat saja pembagian dan pemberian kedudukan yang berhubungan dengan jenis kelamin.Beberapa masyarakat masih ada yang memberikan sikap dan kegiatan yang berbeda kepada kaum laki – laki dan perempuan.Tetapi ketentuan tentang bembagian kedudukan antara laki – laki dan perempuan hanyalah sistem kebudayaan itu sendiri.
Berikut ini adalah beberapa contoh pelapisan masyarakat yang ada di sekitar kita :
  1. Adanya kelompok berdasarkan ilmu pengetahuan, ilmu pengetahuan juga sering menjadi pelapisan sosial salah satu contoh berdasarkan gelar pendidikan terakhirnya.
  2. Adanya kelompok dengan perpedaan standar ekonomi, ukuran kekayaan dapat dijadikan suatu ukuran pada pelapisan sosial, siapa yang mempunyai kekayaan banyak iya termasuk kedalam lapisan sosial teratas.kekayaan tersebut dapat dilihat pada bentuk rumah dan mobil pribadi yang mewah, dan sebagainya.

3. Adanya perbedaan antara laki – laki dan perempuan.

Pelapisan sosial pada hakikatnya tergantung pada sistem nilai yang dianut oleh masyarakat – masyarakat yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar